Bagaimana Tips Mudah Merawat Perhiasan Emas & Perak?

Bagaimana Tips Mudah Merawat Perhiasan Emas & Perak?

Tips mudah merawat perhiasan emas & perak memang banyak dicari oleh semua perempuan yang suka dengan perhiasan. Memakai perhiasan akan menunjang penampilan terutama perhiasan dengan bahan seperti emas dan perak. Banyak wanita yang merasa lebih percaya diri ketika melengkapi aksesorisnya dengan perhiasan. Karena itu ada banyak wanita yang memiliki banyak perhiasan. Selain itu nilai perhiasan juga bisa menjadi investasi karena harga emas dan perak yang mengalami perubahan naik dan turun. Jadi menjaga agar perhiasan tetap indah tentu akan menjadi hal yang menyenangkan untuk semua orang. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga perhiasan agar selalu indah dan tidak rusak.

Lindung Perhiasan dari Goresan

Emas dan perak memang sangat tahan terhadap goresan dan karena itulah semua wanita sangat suka dengan bahan emas dan perak. Namun bukan berarti Anda tidak menghindari goresan. Jadi hal penting yang harus Anda lakukan adalah melindungi perhiasan agar tidak terkena goresan. Anda bisa memakai kaus tangan ketika harus melakukan pekerjaan seperti mencuci piring, membersihkan rumah atau berkebun. Jika tidak maka lebih baik Anda melepas perhiasan cincin dan perak.

Lindungi Emas dan Perak dari Bahan Kimia

Wanita tentu sangat suka memakai berbagai jenis riasan untuk membuat penampilan menjadi lebih cantik. Namun paparan bahan kimia dari riasan seperti pelembab dan pelembab untuk tangan atau kaki pasti bisa merusak emas dan perak. Jadi ketika Anda ingin memakai beberapa riasan yang bisa mengenai perhiasan, maka lebih baik untuk melepas perhiasan.

Lindungi Perhiasan Emas dan Perak dari Klorin

Bahan klorin biasanya dipakai untuk mempertahankan pH air dan keseimbangan elektrolit pada air. Fasilitas seperti kolam renang, kolam pemandian air panas dan perawatan spa biasanya memakai bahan ini. Klorin bisa membuat warna emas dan perak pudar atau tidak seperti aslinya. Untuk itu jika Anda ingin masuk ke kolam renang atau memakai fasilitas lain yang mengandung klorin, maka sebaiknya lepas perhiasan Anda.

Jangan Pakai Perhiasan Saat Mandi

Banyak orang yang mengira bahwa emas dan perak adalah perhiasan yang tahan terhadap berbagai bahan termasuk sabun mandi. Karena itulah mereka memakai perhiasan ketika mandi. Namun ternyata perhiasan emas dan perak juga bisa rusak terkena paparan bahan kimia dari sabun mandi. Perhiasan emas dan perak biasanya akn terlihat lebih kusam dan tidak mengkilap. Untuk menghindari hal ini maka Anda bisa melepaskan perhiasan sebelum mandi.

Bersihkan Perhiasan Secara Berkala

Jika Anda menghargai perhiasan emas dan perak maka sebaiknya selalu memperhatikan kebersihan perhiasan tersebut. Terlebih untuk perhiasan yang selalu digunakan misalnya cincin pernikahan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan perhiasan. Berikut ini beberapa pedoman singkat untuk membantu membersihkan perhiasan.

  1. Gunakan bahan khusus untuk memoles perhiasan agar selalu mengkilap. Anda bisa membersihkan perhiasan dengan memakai handuk yang sudah bersih. Pilih jenis handuk yang lembut dan tidak mudah menggores. Bahan yang lembut bisa membuat perhiasan Anda menjadi lebih bersih dan mengkilap.

  2. Anda bisa menggunakan alkohol untuk membantu membersihkan perhiasan. Bahkan alkohol bekerja lebih baik dibandingkan bahan pemoles untuk perhiasan. Caranya adalah dengan mencelupkan perhiasan ke dalam mangkok berisi alkohol secara sekilas saja. Setelah itu keringkan dengan handuk yang lembut. Gosok permukaan perhiasaan, lakukan hati-hati jika perhiasan Anda memiliki banyak batu atau permata.

  3. Anda juga bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan perhiasan emas dan perak. Semprotkan air hangat ke perhiasan dan kemudian keringkan dengan handuk. Perhatikan agar tidak terlalu lama sehingga perhiasan Anda tidak rusak.

  4. Jangan pernah melalukan prosedur ini untuk perhiasan emas dan perak yang mengalami kerusakan, karena bisa menambah kerusakan menjadi lebih parah. Perhiasan yang rusak sebaiknya diperbaiki ke toko perhiasan.

  5. Selalu periksa perhiasan Anda secara teratur. Tempatkan perhiasan dalam tempat khusus dan usahakan agar perhiasan bisa berada ditempatnya sendiri, misalnya cincin di tempat cincin. Menumpuk perhiasan bisa menyebabkan permukaan perhiasan menjadi kusam dan terkadang juga bisa menyebabkan kerusakan.

Perawatan Perhiasan Emas dan Perak dengan Batu Permata

Wanita biasanya memang sangat suka dengan berbagai perhiasan yang banyak mengandung batu permata. Batu permata bisa membuat perhiasan semakin indah dan menunjukkan estetika ketika sedang dipakai. Namun memang tidak mudah merawat perhiasan seperti ini karena ada banyak celah yang harus dibersihkan. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membersihkan perhiasan emas dan perak dengan hiasan batu permata.

  1. Gunakan kain atau handuk yang lembut untuk menggosok bagian perhiasan yang tidak memiliki permata. Anda bisa mencelupkan kain lembut ke dalam air hangat dan kemudian menggosoknya perlahan.

  2. Untuk bagian yang sulit dijangkau dan membutuhkan ketelitian yang tinggi maka Anda bisa menggunakan sikat gigi. Celupkan bagian sikat gigi yang lembut ke dalam beberapa larutan pembersih perhiasan kemudian gosok dengan lembut. Pastikan Anda melakukan langkah ini dengan sangat hati-hati sehingga tidak merusak perhiasan.

Merendam Perhiasan dalam Amonia

Amonia adalah bahan yang sangat efektif untuk merawat perhiasan emas dan perak. Anda bisa menggunakan bahan amonia dan air dengan perbandingan 6 sendok air bersih dan satu sendok amonia. Setelah itu rendam perhiasan dalam mangkuk kecil yang sudah diisi dengan bahan tersebut. Tinggalkan selama kurang lebih satu hingga dua menit. Setelah itu angkat dan bersihkan dalam air yang bersih. Lap atau keringkan dengan handuk lembut dan perhiasan Anda akan terlihat sangat mengkilap.

Memakai Jasa Toko Perhiasan

Jika Anda memiliki perhiasan dengan nilai yang sangat tinggi, tentu merawat dan menjaga akan menjadi pekerjaan yang sangat penting. Misalnya jenis perhiasan yang menggunakan batu berlian dengan nilai karat yang sangat tinggi. Untuk merawatnya maka Anda bisa memakai jasa dari toko perhiasan. Anda bisa memilih toko perhiasan di tempat Anda membeli perhiasan tersebut atau di toko lain. Anda mungkin bisa merawat bagian emas dan peraknya dengan memakai alkohol atau air hangat, tapi Anda bisa merusak bagian berliannya. Jadi pilih jasa di toko perhiasan agar bisa menjamin kualitas perhiasan Anda.

Bagian yang paling penting ketika Anda memiliki perhiasan emas dan perak adalah merawat dan menjaganya. Terkadang semua orang lupa ketika memakai perhiasan dan mereka tetap memakainya meksipun tidak diperlukan. Jadi Anda bisa memilih jenis perhiasan emas dan perak yang akan digunakan sehari-hari, untuk pesta, untuk bekerja maupun berbagai aktifitas lain. Selain itu jangan pernah memakai perhiasan yang berharga ketika Anda melakukan beberapa pekerjaan beresiko seperti memasak, mencuci piring atau berkebun. Jadi pertimbangan beberapa langkah untuk melakukan tips mudah merawat perhiasan emas dan perak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *