Memilih Cincin Tunangan Yang Tepat

Memilih Cincin Tunangan Yang Tepat

Pilih cincin tunangan perak, paladium atau emas menjadi satu langkah yang harus diputuskan dengan tepat. Karena pada akhirnya nanti sebuah cincin akan digunakan dan apakah akan bertahan lama maupun sebaliknya. Karena masing – masing bahan pembuatan cincin akan berada kualitasnya. Harga dari jenis cincin perak, paladium atau emas juga berbeda satu sama lainnya. Dari ketiga jenis cincin tersebut tentu emas memiliki harga yang paling tinggi dibandingkan yang lainnya. Bukan berarti dengan harga yang mahal tidak timbul sebuah kekurangan pada sebuah cincin. Karena pada dasarnya sebuah cincin memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Dan pada akhirnya Anda yang akan menentukan apakah akan mengambil langkah yaitu pilih cincin tunangan perak, paladium atau emas.

Pertimbangan harga tentu harus dipikirkan dengan baik. Karena ketika mendapatkan sebuah cincin tunangan yang lebih murah dan berkualitas, tentu dapat menggunakan biaya untuk keperluan lainnya. Karena harga cincin tidak selamanya memiliki harga yang sama, dan tergantung bagaimana nilai jual global atau dunia yang terjadi. Emas menjadi salah satu contoh bagaimana nilai jual yang dapat berubah sewaktu – waktu. Sehingga harus lebih jeli ketika memutuskan untuk membeli cincin emas tersebut. Bukan berarti cincin emas menjadi satu pilihan cincin yang direkomendasikan. Tetapi masih ada cincin perak dan juga paladium dan keduanya juga memiliki spesifikasi tersendiri. Baik itu kemurnian maupun juga harga yang diberikan kepada setiap cincin tersebut. Dan selanjutnya akan dibahas masing – masing jenis cincin secara lebih terinci, agar Anda nantinya tidak bingung dalam memutuskan untuk memilih dan membeli cincin tunangan.

Cincin Tunangan Perak

Yang pertama akan dibahas adalah cincin perak.  Perak merupakan logam yang berwarna putih pada umunya. Tetapi cincin dengan bahan perak murni memiliki warna yang berbeda dan tidak hanya berwarna putih. Jika diamati dengan lebih baik, cincin dengan bahan perak murni akan memiliki warna logam putih keabu – abuan. Untuk itu, ketika membeli cincin perak ini, sebaiknya lebih berhati – hati karena bisa saja bahan perak yang dipakai merupakan bahan campuran. Bertanya kepada penjual cincin atau mencari tahu lebih lagi melalui katalog dan internet bisa menjadi satu usaha yang baik dalam memilih cincin perak yang tepat.

Tekstur perak yang lembut dibandingkan bahan yang lain yaitu emas, titanium, platina dan yang lainnya menjadi nilai lebih tersendiri. Selain itu juga, harga dari perak lebih murah dibandingkan dengan harga cincin dengan bahan dasar pembuatan emas. Tetapi pada perak terdapat sebuah kekurangan yaitu mudahnya perak mengalami oksidasi. Dan oksidasi ini menyebabkan warna dari perak semakin memudar hingga pada akhirnya menjadi berwarna hitam pekat. Faktor oksidasi yang ditimbulkan muncul dari beberapa sebab antara lain ketika terkena minyak, udara lembab bahkan ketika terkena keringat. Untuk itu, cincin perak lebih memerlukan perawatan yang khusus agar dapat bertahan semakin lama.

Cincin Tunangan Emas dan Paladium

Yang selanjutnya adalah emas dan paladium. Pertama dimulai dari cincin emas terlebih dahulu. Cincin emas merupakan salah satu cincin yang sudah menjadi pilihan banyak orang ketika akan melangsungkan sebuah tunangan ataupun juga pernikahan. Emas murni memiliki kadar 24 karat dan dengan kadar karat yang tinggi tersebut, maka emas menjadi semakin lunak. Kadar emas yang cocok untuk dibeli dan digunakan adalah emas dengan kadar 15 sampai 18 karat. Terdapat dua jenis emas yaitu emas kuning dan emas putih. Perbedaan antara keduanya adalah daya tahan penggunaan.

Emas putih akan lebih cepat memudar dibandingkan dengan emas kuning. Tetapi harga dari emas putih lebih murah dibandingkan dengan emas kuning. Yang selanjutnya adalah cincin paladium. Paladium merupakan sebuah bahan yang lebih ringan dan kuat dibandingkan dengan jenis cincin yang lainnya. Tetapi harga dari cincin paladium lebih murah dan dapat dijadikan sebagai alternatif jika memang biaya yang ada belum cukup untuk membeli cincin emas maupun juga perak. Dan kekurangan dari cincin paladium ini adalah daya tahan dari bahan yang tidak bertahan lama. Karena sangat sensitif terhadap suhu dan akan mudah rapuh ketika sudah mengalami proses perbaikan.

Dengan penjelasan dari masing – masing cincin yang sudah ada, tentu nantinya dapat memudahkan Anda dalam menentukan langkah apakah akan pilih cincin tunangan perak, paladium atau emas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *