Tips Membeli Cincin Tunangan Emas Yang Berkualitas

Tips Membeli Cincin Tunangan Emas Yang Berkualitas

Tips membeli cincin tunangan emas bagi orang yang sudah biasa bergelut dengan dunia perhiasan mungkin tidak terlalu penting, namun bagaimana dengan orang awam seperti konsumen pasangan baru yang ingin membeli cincin emas untuk acara pertunangan mereka, pastinya mereka harus memperhatikan beberapa detail tertentu agar cincin pertunangan yang dipakai di acara resmi terlihat sangat istimewa dan elegan. Berikut adalah beberapa tips sebelum membeli cincin melalui toko perhiasan yang ada di pusat perbelanjaan ataupun di toko emas umum.

Periksa budget yang anda miliki

Ketika anda ingin membeli cincin emas, periksa terlebih dahulu budget atau dana yang anda punya. Petama, anda harus memperhitungkan tipe cincin seperti apa yang akan anda beli nantinya, apakah anda ingin langsung membeli jadi tanpa harus mengubah desain yang ada atau anda ingin membeli dengan cara memesan terlebih dahulu pada seorang perajin cincin. Dalam hal ini anda juga harus memperhitungkan untung rugi dari pembelian cincin di perajin emas dan langsung di toko, terutama terkait kegunaan cincin karena ada kalanya cincin tunangan tidak akan dipakai kembali dan hanya akan disimpan sebelum kemudian pasangan calon suami istri membeli cincin dalam bentuk lain untuk cincin pernikahan. Bagi sebagian orang, memang memesan cincin di seorang perajin cincin dengan permintaan berupa desain tertentu akan lebih terasa spesial, namun jika tujuannya hanya untuk cincin pertunangan hendaknya anda berpikir ulang agar tidak terkesan menghabiskan budget.

Pilih cincin atas kesepakatan anda dan pasangan

Ketika anda adalah seorang pria yang ingin memilih model, desain, ataupun harga cincin di sebuah toko emas, pergilah bersama pasangan anda dan minta pendapat darinya tentang cincin seperti apa yang anda dan pasangan sukai. Desain cincin yang diperoleh dari komunikasi antar pasangan akan memberikan pilihan cincin yang jauh lebih menarik dan tanpa masalah. Karena anda pasti tidak ingin bukan, cincin yang anda beli menuai kekecewaan dari pasangan karena desain yang anda beli ternyata tidak sesuai dengan harapan. Namun ketika anda tidak dapat memilh langsung cincin pertunangan bersama pasangan anda, cobalah untuk mengajak salah satu anggota keluarga dari pasangan yang mengerti betul gaya cincin yang disukai oleh pasangan anda, jika tidak anda juga bisa membawa contoh aksesoris cincin yang dikenakan oleh pasangan anda dan mencari model cincin yang ukuran maupun desainnya tidak jauh berbeda.

Model atau desain cincin

Terkait dengan model dan desain cincin, anda harus tahu gaya cincin yang diinginkan baik oleh diri anda pribadi maupun pasangan. Ada beberapa model cincin yang bisa anda pilih dari mulai mode klasik yang sederhana namun elegan hingga model glamor. Model dan desain dari cincin juga harus anda sesuaikan dengan bentuk jari dan pola aktivitas yang sering anda lakukan bersama pasangan, hal tersebut untuk menjaga agar cincinpertunangan yang anda beli tidak mudah tergores sehingga cincin lebih awet dan tahan lama. Sebagai contoh ketika anda memesan cincin yang bertema klasik, anda bisa membeli cincin dengan perpaduan emas putih dan kuning tanpa taburan batu permata atau memesan cincin dengan desain ulir yang sederhana namun tetap elegan. Lain halnya jika anda termasuk seorang pria yang ingin memberikan pasangan wanita anda cincintunangan yang terkesan glamor, anda dapat memberikan cincin emas putih dengan kadar 75% dengan tambahan detail batu permata berupa berlian atau saphir.

Bahan emas untuk cincin

Ketika anda hendak membeli cincin untuk pertunangan, piilih jenis emas yang akan anda gunakan apakah anda dan pasangan lebih memilih emas putih atau emas kuning. Dalam hal ini meskipun emas kuning adalah emas yang terlihat biasa dan umum namun ketahanan emas kuning terhadap goresan akan lebih baik dibandingkan emas putih. Selain itu harga jual dari emas kuning juga lebih stabil jika dibandingkan dengan emas putih.

Kadar emas

Hal lain yang perlu anda pertimbangkan agar anda tidak tertipu pada saat membeli cincin emas adalah masalah kadar emas. Terkait dengan masalah kadar, umumnya bahan cincin yang bagus dan tahan lama adalah cincin dengan kadar 75%. Warna dari cincin yang dibuat dengan perbandingan 75% ini umumnya juga lebih terlihat mengkilap dan elegan dibanding dengan kadar cincin lainnya. Selain itu anda juga harus memperhatikan tentang karat emas, kebanyakan orang memang memilih ukuran karat cincin yang tidak terlalu besar seperti 10 karat atau 14 karat, selain warnanya tidak mencolok dan akan menghindarkan pemakainya dari tindak kejahatan karena emas semacam ini terkadang tidak dapat dibedakan dari emas imitasi, cincin dengan kadar 18k ke bawah juga cukup kuat terhadap goresan maupun pudarnya warna yang sering terjadi ketika bahan logam emas terkontaminasi oleh keringat.

Pilih ukuran yang sesuai

Ketika anda memilih cincin pertunangan untuk anda pribadi dan tunangan anda, perhatikan ukuran cincin yang anda inginkan, akan lebih baik jika anda membeli cincin dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran jari anda yang sekarang karena nantinya ukuran dan bentuk cincin akan mengikuti bentuk dari jari pemakainya. Hal tersebut juga dapat menghindarkan anda dari terhambatnya sirkulasi darah di jari tangan atau iritasi karena memakai cincin yang terlalu ketat. Sebagai contoh jika anda memiliki jari ukuran 8 cobalah untuk membeli cincin dengan ukuran 9. Jika cincin ukuran besar tidak tersedia di toko emas yang anda datangi, anda bisa membuat cincin custom dengan memberikan desain khusus pada perajin cincin.

Datangi tempat pengrajin cincin

Hal yang satu ini hanya dapat anda lakukan ketika anda berniat membuat cincin custom atau cincin dengan desain khusus hanya untuk anda dan pasangan. Anda dapat mengatakan model cincin terkait bentuk, desain, dan ukuran yang membuat cincin yang dihasilkan nantinya tampak istimewa. Oleh karena itu, sebelum mendatangi lokasi perajin ada baiknya anda mengumpulkan informasi mana lokasi perajin yang bagus dan profesional dari teman dekat, kolega, atau saudara yang juga membuat cincin khusus.

Periksa permata untuk cincin

Ada kalanya desain cincin pertunangan yang dijual di toko perhiasan memiliki desain tersendiri untuk permata yang terpasang dalam cincin. Jika anda memesan cincin, pilih terlebih dahulu batu permata apa yang anda inginkan terpasang dalam cincin sesuai dengan minat dan hobi anda, seperti ruby, safir, mutiara, atau bahkan berlian. Selain memperhatikan jenis batu permata yang anda pilih, anda juga harus memperhatikan tata letak, desain, dan ketahanan band penahan dari batu permata agar nantinya permata tersebut tetap awet, tahan lama, dan tidak mudah lepas meski mendapat beberapa perlakuan akibat aktivitas pemakainya seperti tergores saat anda menggunakan perkakas rumah, tersangkut di pakaian, atau rambut. Dalam hal ini besar ukuran batu permata untuk desain yang diminati dan akan ditanamkan dalam cincin juga sebaiknya anda pertimbangkan. Semoga tips membeli cincin tunangan emas diatas dapat membantu anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *