Tips Memilih Cincin Tunangan Model Terbaru

Tips Memilih Cincin Tunangan Model Terbaru

Tips memilih cincin tunangan model terbaru mungkin perlu bagi Anda yang berniat melamar pujaan hati. Bagi pria memilih cincin pertunangan untuk wanita idaman adalah pengalaman yang mencemaskan, sebab perlu ketelitian dan pertimbangan matang. Ada beberapa hal yang harus dipikirkan sebelum memutuskan membeli cincin pertunangan.

Memilih band yang tepat

Yang dimaksud dengan band adalah bagian cincin yang melingkar di jari. Bahan cincin ini bisa terbuat dari emas, perak atau platinum, bisa juga dengan campuran logam lain. Sebelum memilih cincin pertunangan, perlu mengetahui band yang diinginkan kekasih Anda. Ada hal yang perlu diketahui mengenai jenis band, yaitu

  • Warna alami emas adalah kuning bercampur jingga dan biasanya dicampur dengan logam lain saat peleburan agar lebih kuat. Sebagian orang menyukai warna kuning yang tidak mencolok pada emas seperti 10K atau 14K.

  • Emas putih adalah logam emas yang dicampur dengan logam lain agar memunculkan warna putih keabuan dan harus disepuh dengan logam lain agar berkilat keperakan. Warna sepuhan akan memudar, tetapi perajin perhiasan biasanya menyediakan penyepuhan ulang gratis.

  • Platinum termasuk logam keras dan kuat, memiliki warna keperakan alami. Jika sering dipakai warnanya akan memudar, namun ini bukan masalah karena bahan ini paling cocok disematkan berlian. Emas akan membuat berlian tampak kekuningan, maka membeli berlian dengan bahan yang mencolok kurang pas tampilannya.

Pilih setting dan berlian yang tepat

Setting adalah bagian yang digunakan untuk mengikat permata, dan menempel pada band. Bentuk setting bisa seperti pagar atau tidak terlihat. Ada beberapa cincin yang mengombinasikan setting platinum pada band emas. Emas untuk mendapatkan warna latar yang cemerlang, dan platinum untuk memancarkan kilau berlian, selain cengkeramannya yang kuat pada batu permata. Setting menggunakan bezel dan memakai enam pagar menjamin kekuatan cincin yang dipakai untuk aktifitas sehari-hari. Ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai setting dan permata yang sempurna untuk calon istri.

  • Permata, merupakan bagian terpenting dari sebuah cincin. Bahan yang digunakan untuk permata biasanya berlian. Permata juga identik dengan “batu”, jadi tidak harus menggunakan berlian untuk permata. Anda bisa menggunakan batu berharga lain sebagai permata, seperti zamrud, ruby, atau giok. Namun, perlu alasan tepat mengganti berlian dengan batu permata.

  • Perhatikan 4C dalam memilih permata, khususnya berlian, yaitu carat (karat), color (warna), clarity (kejernihan), cut (potongan). Empat hal ini perlu diperhatikan dengan teliti dan jeli agar tidak tertipu.

  • C ke 5 adalah Cubic Zirconia. Jenis ini agak sulit dibedakan dengan berlian karena memang memiliki kilau yang sangat cantik. Hanya perajin permata dan ahli batu permata yang dapat membedakannya. Batu ini lebih lunak dari berlian dan akan menjadi kusam seiring waktu.

Berlian dengan proses laboratorium ini adalah alternatif yang baik daripada berlian tradisional. Biasanya berlian laboratorium berharga 5-10% lebih rendah dari berlian tradisional, namun memiliki keindahan yang tidak kalah cantik.

  • Bahan dasar cincin dari perak rodium sulit dibedakan dengan cincin emas putih sepuh rodium. Alternatif bahan dasar cincin ini bisa menjadi pilihan bagus bagi pasangan dengan budget terbatas. Trik lain untuk menyiasati dana terbatas, tapi bisa mendapatkan cincin berlian dengan harga murah adalah membeli berlian kecil yang asli. Harga berlian akan naik cepat berdasarkan ukuran. Misal berlian cantik dengan ukuran setengah karat tapi memiliki permukaan lebih dari setengah karat memiliki harga lebih murah beberapa juta rupiah.

Pilih ukuran yang tepat

Memilih ukuran band yang tepat sesuai jari pujaan hati adalah hal yang paling vital. Satu-satunya cara mengetahuinya adalah dengan mencuri salah satu cincin kekasih Anda. Namun, jika Anda berniat memberi cincinbukan untuk kejutan langsung saja membawa kekasih untuk memilih cincin yang ia inginkan. Ukuran rata-rata band wanita adalah 7, namun ada jari yang lebih kecil atau lebih besar dari ukuran tersebut.

Jika Anda tidak dapat menebak ukuran cincin kekasih Anda lebih baik memilih ukuran yang lebih besar. Sebab memperkecil ukuran band lebih mudah daripada memperbesar. Cincin yang diperbesar akan mengakibatkan band terlihat lebih tipis dan lebih mahal. Lagipula, cincin yang kekecilan agak sulit masuk ke jari, sehingga tidak dapat dipakai ketika acara lamaran.

Pilih perajin cincin yang bagus

Harga mahal tidak selalu menjamin kualitas yang baik, termasuk mendapatkan perajin yang profesional. Carilah toko perhiasan yang membuat Anda merasa nyaman dengan pegawai yang ramah dan sangat membantu memberi saran kepada konsumen. Sesuaikan juga toko yang Anda incar dengan budget, agar tidak menimbulkan kekecewaan ketika Anda menemukan cincin yang sempurna namun berharga mahal.

Lakukan pengecekan apakah perajin perhiasan toko tersebut tergabung dalam suatu perhimpunan atau organisasi yang mengatur dan mengesahkan seseorang menjadi perajin. Anda juga bisa mengecek secara online tentang testimoni konsumen yang pernah menjadi pelanggan toko tersebut. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk memilih perajin cincin yang sesuai.

  • Mencari informasi melalui teman atau kerabat yang sudah menikah mengenai perajin yang bagus dan direkomendasikan. Namun, cara ini bisa menimbulkan kehebohan, karena banyak orang akan mengetahui rencana lamaran Anda.

  • Perajin daring bisa menjadi pilihan bagus, asalkan Anda bersedia membayar lebih mahal. Sebelum memilih perajin ada baiknya memastikan reputasinya. Sebab konsumen berlian dan logam berharga rentan terhadap penipuan.

  • Diskusikan desain cincin pertunangan yang ingin Anda buat dengan perajin, terutama jika Anda berniat membuat cincin kawin di tempat yang sama. Cincin pertunangan yang memiliki benang merah pada desain cincin kawin akan menciptakan perpaduan yang menakjubkan.

  • Jika Anda tidak mau dipusingkan dengan hal-hal tersebut, bisa melamar sang kekasih terlebih dahulu tanpa memberikan cincin. Anda cukup memberikan “cincin pura-pura” ketika melamar dan menjelaskan kepadanya bahwa lebih baik jika ia yang memilih cincin pertunangan untuk dirinya sendiri. Dengan demikian, selera calon istri akan terpenuhi dan acara melamar tetap romantis.

Tetapkan anggaran untuk membeli cincin

Untuk sebagian orang ada tradisi bahwa seorang pria akan menghabiskan dua bulan gaji untuk membeli sebuah cincin pertunangan. Namun, hal tersebut tidak mutlak. Anda dapat menentukan anggaran sendiri untuk cincin yang akan dibeli. Tidak semua wanita mengharapkan cincin mahal untuk pertunangannya. Yang terpenting adalah niat Anda memperistrinya dan membahagiakannya dalam kehidupan perkawinan.

Ada kebiasaan lain mengenai cincin pertunangan, yaitu melamar dengan cincin warisan. Apakah Anda memiliki cincin turun temurun dari nenek atau ibu Anda? Mungkin itu bisa menjadi pilihan. Kekasih Anda mungkin akan merasa istimewa karena dilamar menggunakan barang warisan keluarga, yang artinya ia sudah dianggap menjadi bagian dari keluarga Anda. Yang terpenting dari memilih cincin untuk hal istimewa ini adalah memperhatikan tips memilih cincin tunangan dengan model baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *